Home / Universalia / Kajian Kontemporer / Agama & Mazhab

Agama & Mazhab

Kata agama dalam bahasa sansekerta adalah “kumpulan aturan”. Dengan akar kata “gam” yang berarti pergi dan awalan “a” yang berarti tidak. Maka “agama” berarti “tidak pergi”. Jika “gama” diartikan “kacau” maka “agama” artinya “yang tidak kacau”.

 

Dari definisi tersebut, agama merupakan pedoman bagi manusia agar hidup teratur sesuai dengan yang diajarkan agama tersebut. Agama diklaim sebagai “kebenaran mutlak” karena dipercaya ajarannya bukan berasal dari manusia, tetapi ilmu dan aturan dari Tuhan yang diturunkan kepada manusia melalui para Nabi.

 

Secara etimologis bahasa arab kata “Islam” artinya selamat. Dari kata tersebut muncul kata “aslama” yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh sebagaimana yang tertulis dalam (QS. AL BAQARAH : 112). Dari kata itulah terbentuk kata islam dan pemeluknya disebut muslim. Orang yang memeluk islam berarti menyerahkan diri kepada Allah dan patuh pada ajaranNYA. Agama mutlak adalah Wahyu Tuhan yang diturunkan berupa Alquran & sunnah. Oleh karena itu keduanya tetap suci dan mutlak seperti dalam yang tertulis dalam (QS. AL WAQIAH : 79).

 

Sedangkan mazhab adalah berasal dari bahasa arab yang berarti “jalan yang dilewati” atau sesuatu yang menjadi tujuan seseorang. Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Dan menurut ulama dan ahli agama islam, yang dinamakan mazhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melakukan pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang punya batasan, bagian yang jelas karena dibangun di atas prinsip dan kaidah.

 

Kesimpulannya adalah, agama sebagai wahyu yang disampaikan Allah kepada Nabi tetap terjaga dalam altar kesucian sebagaimana dalam (QS. AL WAQIAH : 79). Sedangkan bermazhab adalah konsekuensi logis sebagai cara memahami, menafsirkan wahyu yang diterima oleh Nabi (Alquran) dan wahyu yang disampaikannya (Sunah).

About adminislat1

Check Also

Rahasia Berdoa

” Apabila Alloh telah melepaskan lidahmu untuk meminta, maka ketahuilah bahwa alloh akan memberi kepadamu”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *