Home / Universalia / Kajian Kontemporer / Alienasi Agama

Alienasi Agama

Logika dan agama dapat mengakomodasi keterasingan manusia terhadap agama yang dianutnya. Tentang penjelasan tersebut terdapat dalam berbagai karya para pemikir islam & barat, meskipun sebagian kelompok keberatan menggunakan dan membahas hal tersebut dikarenakan beberapa alasan. Kesalahan awal yang dilakukan kebanyakan agamawan dan penganut agama adalah memisahkan logika dan agama sehingga hubungan keduanya saling bertentangan. Padahal dalam islam, logika adalah wahyu internal yang telah ada dalam diri setiap manusia yang menjadi tolak ukur kebenaran dan kesalahan.

 

Itulah mengapa tidak seperti yang dipahami secara umum berkaitan dengan logika dan agama, bahwa sesuatu yang logis tidak berarti anti agama atau anti terhadap teks teks keagamaan, karena logika dan agama layaknya 2 sayap yang mengantarkan manusia menjadi manusia sempurna dalam menjalankan tugasnya di kehidupan di dunia. Seringkali fakta di tengah masyarakat yang mengaggap seakan makna agama sudah sangat jelas, sehingga tidak perlu lagi menggunakan logika dalam memahami agama karena dianggap adalah hal yang tidak bermanfaat sekaligus membosankan karena berusaha menjelaskan sesuatu yang sudah jelas. Bahkan tidak jarang memunculkan perdebatan yang berujung pada saling tuduh kafir dan sesat. Dan pada puncaknya, alienasi agama menjadi trend, karena agama dianggap tidak kompeten terhadap transformasi kehidupan dan ilmu pengetahuan manusia meskipun masih memiliki serangkaian hukum hukum tetap dan abadi yang menjamin relevansinya dengan ruang dan waktu.

 

Jika agama dianggap hanya dari aspek syariat, konsekuensinya adalah agama akan banyak bertentangan dan menjadi penyebab utama keterasingan manusia karena selalu berbenturan dengan pengetahuan manusia yang semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *