Home / Universalia / Aliran Aliran Islam

Aliran Aliran Islam

Sebagaimana semua agama, islam dalam sejarahnya yang panjang selalu menimbulkan ketegangan kreatif di dalam dirinya antara dorongan kuat untuk kembali kepada bentuk originalnya yang cenderung menolak perubahan dan kemajuan dan dorongan mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan dan kemajuan yang membuatnya mereformasi dirinya.

 

Dorongan pertama cenderung bersifat konservatif, sedangkan dorongan kedua cenderung bersikap liberal. Gerakan yang di dominasi oleh dorongan pertama dapat disebut “gerakan kanan” sedangkan gerakan yang di dominasi dorongan kedua dapat disebut “gerakan kiri”. Aliran aliran yang muncul dalam sejarahnya seperti gerakan revivalis, neorivavalis, fundamentalis, neomodernis bergerak pada dua garis dua kutub tersebut. (baca juga:Biadab Di Abad Yang Beradab)

 

Dalam islam yang tidak mungkin berubah adalah wahyu tetapi tafsirnya bias berubah sesuai kecenderungan penafsirnya. Selama empat belas abad, telah banyak tafsir oleh banyak ulama dari berbagai aliran dan mazhab. Karena itu mustahil membuat tafsir tunggal yang disetujui oleh semua orang muslim.

 

Sikap terbuka untuk mencari kebenaran harus berdasarkan pada keyakinan bahwa kebenaran yang dating dari Yang Maha Benar adalah mutlak, sedangkan kebenaran yang dating dari manusia adalah relative oleh karena itu terbuka untuk di kritik dan di uji. Sikap terbuka ini adalah cermin kerendahan hati sebagai lawan keangkuhan yang memutlakan sebuah ide, pandangan dan tafsir oleh siapa pun.

 

Kebenaran tidak dibatasi dan tidak bisa dibatasi oleh satu kelompok karena mengklaim kebenaran hanya milik mereka, karena kebenaran tetap kebenaran dan dapat dimiliki siapapun karena hanya Yang Maha Maha Benar tidak lain adalah kebenaran Mutlak.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *