Home / Universalia / Kajian Kontemporer / Asas Kerjasama Antar Umat Agama

Asas Kerjasama Antar Umat Agama

Sekiranya setiap para penganut agama mengamalkan dengan sungguh sungguh ajaran agama mereka masing masing, niscaya kedamaian akan bersemi di dunia dan akhirat. Logika beriman kepada kitab suci yang telah diturunkan oleh Tuhan akan membawa kedamaian karena Tuhan telah mengutus para utusannya kepada setiap ummat. Dan sebagian dari para utusan tersebut dikabarkan dalam Al Quran, dan sebagian yang lain tidak, sikap ini ada dalam rangkaian petunjuk dasar alam semesta berdasarkan hukum hukum ilahiyyah yang tertulis di dalam kitab suci yang diterima oleh Nabi.

 

Banyak tertulis dalam ayat dan riwayat yang menjelaskan janji Tuhan kepada para penganut agama yang memiliki kitab suci yaitu bahwa barangsiapa benar benar beriman dan bertakwa Tuhan akan mengampuni dosa dan memberikan ampunanNYA serta memasukkan ke dalam surga kebahagiaan abadiNYA.

 

Sementara itu kaum muslim diajarkan untuk beriman kepada kitab suci yang datang sebelum Al Quran, yaitu Zabur, Taurat dan Injil. Hal tersebut dapat disimpulkan karena Nabi Muhammad diberikan tugas dalam menjalankan misi kenabiannya untuk menyerukan beriman kepada kitab yang diturunkan Tuhan kepada ummat manusia sebelum Al Quran.

 

Oleh karena itu, beriman kepada para Nabi dan kitab suci terdahulu tidak hanya sekedar mengetahui nama dan sejarah mereka, tetapi memahami tugas tugas kenabian mereka semua sebagai pewarta wahyu Tuhan di muka bumi kepada manusia. Atau dalam bahasa yang sering terdengar adalah “Kalimat Sawaa” sehingga terbangun asas asas kerjasama antar umat agama.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *