Home / Featured / Ini 10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Ini 10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Pondok Pesantren yang mendidik para santri dan santriwati agar bisa memahami Islam dengan benar tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya di kota-kota besar, di kampung-kampung pun banyak didirikan pondok pesantren.

Pesantren pertama didirikan oleh Walisongo. Dan sesuai perkembangan zaman pesantren mengalami banyak pembaharuan dan bersinergi dengan pendidikan modern untuk mencetak santriwan-santriwati yang tak hanya menguasai ilmu agama, namun juga ilmu-ilmu modern.

Berikut 10 Pondok Pesantren terbaik di Indonesia:

  1. Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Salah satu pesantren terbaik yang ada di Indonesia adalahpondok pesantren Sidogori di Pasuruan. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesa yang masih eksis dan terus berkembang. Di zaman modern ini, pesantren ini tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama. Pesantren ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar puluhan ribu santri putra dan putri. Pesantren Sidogiri juga berhasil mandiri secara financial berkat bisnis waralaba minimarket (Mart) yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama BMT (baitul Mal Wat Tamwil), serta masih banyak usaha lainnya.

  1. Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah pesantren yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat menjangkau kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan. Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di pesantren ini adalah adalah KH Abdullah Faqih yang turut berkiprah di kancah politik Nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya pesantren Langitan ini.

  1. Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok ini merupakan pelopor dan inovator pembuat pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam. Dahulu ponpes ini bernama Ponpes Darussalam Gontor, dan setelah dirubah namanya menjadi Pondok Modern Gontor yang membuat pesantren ini menjadi institusi pendidikan Islam yang sering ditempati oleh masyarakat Islam perkotaan yang dulu enggan belajar di pondok pesantren karena terkesan tua.

  1. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Pendiri pesantren Tebuireng yaitu Kyai Hasyim Asyari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU) pada tahun 1926. Hal inilah yang turut membuat pesantren ini terkenal di masyarakat. Selain itu cucu pendiri pesantren ini yaitu KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri.

  1. Pondok Pesantren al-Khairaat Palu

Pesantren Al-Khairaat adalah pesantren paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa khususnya di Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur. Selain itu pesantren ini juga didirikan dan di asuh oleh seorang habib. Pesantren ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur, Apabila ditotal jumlah santri pesantren ini mencapai angka puluhan ribu santri.

  1. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

Pondok pesantren ini termasuk dari lima pesantren tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978. Di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, pesantren ini memiliki pengaruh yang besar. Sistem pendidikan di pesantren Banyuanyar memakai sistem kombinasi modern dan salaf. Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman. Banyak alumni pesantren ini yang menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

  1. Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Bisa dikatakan ponpes ini merupakan salah satu pesantren yanglengkap sarana pendidikan formalnya tentu selain pendidikan agama tentunya. Pesantren ini mempunyai lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik di bidang sains seperti kesehatan (STIKES) dan teknologi informasi (STT Nurul Jadid).

Selain itu, di pesantren ini juga tersedia mahad aly, madrasah diniyah dan tahfidz Al-Quran, sehingga pesantren ini cocok bagi para orang tua yang ingin mengirimkan putra putrinya ke pesantren yang mempunyai berbagai jurusan.

8. Pondok Pesantren Musthofawiyah Sumut

Pesantren ini merupakan pesantren tertua berdiri tahun 1912 yang berada di Sumatera Utara, selain itu pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan terpopuler di Sumatera Utara. Tidak sedikit para lulusan santri yang melanjutkan studi ke luar negeri, selain itu banyak juga alumni lulusan ini yang menjadi tokoh berpengaruh di lokal maupun nasional.Nama lain dari pesantren ini adalah pesantren Purba Baru.

9. Pesantren Buntet Cirebon

Pesantren ini menjadi salah satu berdiri pesantren tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1785. Selain itu pesantren ini sangat terkenal di Jawa Barat dan menjadi pelopor pesantren lain di provinsi Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten. Tidak sedikit dari pengasuh pesantren di ketiga provinsi tersebut yang merupakan alumni dari Pesantren Butet. Oleh sebab itu, pesantren ini bisa jugadi sebut sebagai salah satu pesantren terbaik dan paling berpengaruh di Indonesia.

10. Pondok Pesantren Al-Khoitor Malang

Ponpes ini terbilang mempunyai usia yang masih muda Jika di bandingkan dengan pesantren lain yang berada dalam 10 pesantren terbaik, yakni berdiri tahun 1963. Adapun sistem pendidikan yang dipakai oleh pesantren Al-Khoirot merupakan kombinasi dari empat jenis pola yaitu pendidikan madrasah diniyah, pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab moderserta kajian kitab kuning atau gundul tingkat menengah. Keempat kegiatan pendidikan ini merupakan aktit utama yang harus dilakukan oleh para santri, sehingga ketika lulus nanti selaoin mendapatkan ijazah juga memiliki kemampuan bahasa arab yang lancar dan menguasai kitab kuning. Selain itu di sini juga diadakan program tambahan contohnya Tahfidzul Quran.

 

Sumber : https://indopress.id/ini-10-pondok-pesantren-terbaik-di-indonesia/

About syauqi glasses

Check Also

TASAWUF – Mereka Yang Diberi Hidayah Khusus Oleh Allah

“Dan Allah – yang mulia dengan segala asma-Nya – dalam waktu ke waktu dan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *