Home / Featured / Kebebasan Sebagai Kehendak Bebas (Free Will)

Kebebasan Sebagai Kehendak Bebas (Free Will)

Kebebasan terkait dengan teologi, filsafat dan psikologi. Pembahasan tentangnya sudah dilakukan para pemikir dan bijakawan sejak dahulu kala. Apakah manusia benar benar bebas dalam bertindak dan memiliki kehendak bebas? atau hanya membayangkan dirinya bebas padahal sebenarnya berada di bawah paksaan dan tidak memiliki kehendak mandiri?

Predeterminasi dan kehendak bebas merupakan persoalan paling tua yang sudah muncul dalam filsafat semua bangsa dan negara. Setelah kedatangan islam dan melakukan interaksi dengan budaya dan orang orang lain persoalan tersebut menjadi intensif dibicarakan.

Kecenderungan terhadap fatalisme pada saat itu menggejala di dunia islam. Bahkan para penganutnya mengutip ayat ayat Quran sebagai usaha pembuktian pandangan predeterminasi manusia. Tidak hanya itu saja kemudian muncul pertanyaan selanjutnya. Apakah manusia benar benar memiliki kehendak bebas dan apakah kebebasan itu dapat memutuskan dan melakukan apa saja yang di inginkan? dengan begitu kehendak bebas tidak hanya sekedar ilusi?

Pengusung pandangan predeterminasi percaya bahwa kehendak bebas hanya ilusi dan imajinasi tidak sesuai dengan realitas, karena manusia tidak memiliki kehendak bebas dan berada dalam pengaruh berbagai faktor.

Oleh karena itu pendapat predeterminasi tertolak karena dalam tindakan dan perilaku semua orang memiliki kebebasan dan kehendak bebas. Jika predeterminasi berlaku mutlak dalam kehidupan manusia pada berbagai dimensinya maka sistem alam dan sistem sosial adalah hal yang sia sia.

Kebebasan dan kehendak beabs pada intinya adalah tentang anugrah penciptaan yang bertentangan dengan predeterminasi. Kebebasan dan kehendak bebas merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia yang menjadi keistimewaan sebagai pengukur balasan setiap perbuatan perbuatan di dunia dan di akhirat nanti.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *