Home / Featured / Kenabian & Masyarakat
dv030506

Kenabian & Masyarakat

Persoalan kenabian adalah persoalan agama. ketika mengkaji filsafat kenabian perlu dipahami kajian tersebut masuk dalam wilayah keagamaan. Pada prinsipnya, Nabi adalah pembawa berita dari langit dan berbicara atas nama Tuhan. Tetapi pertanyaan sering muncul dalam benak manusia, “Apakah setiap orang yang berbicara atas nama Tuhan adalah seorang Nabi”?

Dari sini terdapat sebuah konsep yang terkait dengan kehidupan sosial masyarakat. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah apakah masyarakat memerlukan Nabi? sehingga meniscayakan Tuhan mengutus manusia manusia pilihan kepada masyarakat.

Tujuan Kenabian

Berdasarkan ketetapan Ilahi, semua keberadaan mengalami perubahan dan perkembangan menuju proses kesempurnaan. Semua keberadaan bergerak menuju kesempurnaan masing masing secara alami. Setiap makhluk mengetahui jalan dan cara mencapai tujuan penciptaannya. Manusia berbeda dengan makhluk lain yang tidak memiliki kehendak bebas dalam proses perubahan menuju kesempurnaan. Manusia mampu memilih tujuan hidupnya hingga mencapai kesempurnaan. Manusia bebas menentukan pilihan dalam meraih tujuan. Atas dasar itulah, manusia menggunakan kehendak bebasnya dengan tepat karena manusia harus menyeimbangkan hubungan antara hukum alam dan tujuan.

 

Prinsip inilah yang mengatur kehendak bebas manusia, karena tujuan penciptaan manusia tidak mungkin dicapai dengan sendirinya. Setiap manusia menentukan tujuan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya, karena kebutuhan dan kepentingan manusia tercipta oleh kondisi dan lingkungan yang dialaminya. Namun situasi dan lingkungan manusia tidak mampu menggerakkan manusia secara langsung sebagaimana angin menggugurkan daun. Jika hak tersebut terjadi konsekuensinya adalah menghilangkan kehendak bebas yang dimiliki manusia sebagai makhluk yang memilikinya.

 

Oleh karena itu masyarakat membutuhkan Nabi sebagai pusat teladan agar tidak terjadi kekacauan dalam mengatur hubungan individu dan hubungan sosial karena Nabi adalah pelaku yang menjadi representasi dan aplikasi dari undang undang sebagai suatu keniscayaan bagi setiap manusia dan masyarakat. Dari sini jelas peran Nabi sebagai pribadi pribadi pilihan Tuhan yang mempunyai misi untuk menjalankan undang undang di tengah tengah masyarakat.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *