Home / Universalia / Menampilkan Agama Berwajah Ramah

Menampilkan Agama Berwajah Ramah

Semua agama bertujuan untuk kemanusiaan untuk meningkatkan martabat kemanusiaan. Semua agama mengajarkan nilai nilai kemanusiaan seperti kebaikan, kedamaian, kasih sayang, cinta, kesetaraan dan keadilan. Tetapi dalam sejarah, seringkali agama tidak selalu berfungsi positif bagi kemanusiaan, bahkan sebaliknya agama menjadi sumber malapetaka. Agama atau lebih tepat persepsi para penganut agama terkadang merusak nilai nilai kemanusiaan yang mengakibatkan munculnya kebencian, permusuhan dan peperangan.

 

Ketika agama menjadi sumber kebencian dan permusuhan, agama telah jauh dari misi kemanusiaannya. ketika dalam keadaan misinya yang mulia dan luhur agama berubah menjadi sumber malapetaka, bukan menjadi rumah kedamaian, bukan lagi mendorong persaudaraan tetapi perpecahan dan bukan lagi sebagai perekat persatuan. Dalam keadaan yang salah fungsi tersebut, agama telah menimbulkan masalah bahkan menjadi masalah itu sendiri bukan lagi sebagai solusi masalah.

 

Tulisan ini adalah sebuah upaya untuk menunjukkan bahwa agama selama berabad abad sering terseret jauh dari misinya yang mulia dan luhur sehingga berubah menjadi sumber kebencian, permusuhan, dan peperangan. Tulisan ini dengan bercermin pada keadaan buruk historis agama adalah sebuah ajakan untuk mengembalikan agama pada misi aslinya seperti yang dibawa oleh para pembawanya yaitu untuk kemanusiaan untuk menampilkan wajah aslinya, wajah humanis, wajah agama yang ramah.

 

Kautsar Azhari Noer

(TITIK – TEMU, JURNAL DIALOG PERADABAN. Edisi Juli – Desember 2008)

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *