Home / Featured / Orang Palestina

Orang Palestina

Identitas Nasional Palestina mulai muncul pada akhir abad ke – 19 dan awal abad ke – 20. Kemunculan ini disebabkan menyebarnya konsep nasionalisme kolonial eropa yang masuk ke wilayah palestina, dan sebagian lain sebagai respon atas kolonisasi Zionis yang berambisi mendirikan negara yahudi di palestina.

Orang – Orang Palestina berdialek bahasa arab, serta memiliki tradisi, makanan, dan cerita rakyat khas dibandingkan bangsa arab lain. Bangsa Palestina merasakan hubungan kuat dengan dunia arab, tetapi tetap solidaritas yang kuat adalah sesama warga palestina, karena mereka sama – sama merasakan dan berbagi pengalaman sebagai warga negara terjajah, terusir dan melakukan perlawanan terhadap Zionis.

Pengungsi Palestina

Pada Tahun 1948, Israel mendeklarasikan “wilayah Israel” seluas 20.325 kilometer per segi. Sebelum 1948 hanya 8,2 % dari luas wilayah tersebut yang memang dihuni bangsa Yahudi, sedangkan sisanya adalah milik warga Palestina.

Sebelum dan selama 1948 sebuah peristiwa terjadi yang dikenang oleh bangsa palestina sebagai “Nakba” (Bencana), pada saat itu 84,5 % wilayah palestina dirampas dari warga palestina.

Perampasan ini menyebabkan 85 % warga palestina menjadi pengungsi, sedangkan 15 % lainnya bertahan di dalam “wilayah Israel” dengan status “warga kelas dua” (second class citizens).

90 % praktik pembersihan Palestina dilakukan melalui serangkaian aksi kekerasan bersenjata oleh kelompok paramiliter imigran Zionis dan militer Israel sebelum dan sesudah berdirinya negara Zionis. Bahkan terjadi lebih dari 30 kasus pembantaian terhadap warga asli palestina, salah satu yang paling terkenal adalah pembantaian Dayr Yassin pada 9 April 1948.

About syauqi glasses

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress database error You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '%b, %b)' at line 1 for query INSERT INTO `wp_tsw_log` (`IP`, `Time`, `IS_BOT`, `IS_HIT`) VALUES ('54.224.102.26', 1510985628, %b, %b) made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), get_sidebar, locate_template, load_template, require_once('/themes/sahifa/sidebar.php'), dynamic_sidebar, call_user_func_array, widget_traffic_stats, view