Home / Featured / Roger Garaudy : Dari Filsuf Marxis, Kristen Protestan, Anggota Partai Komunis Hingga Muslim

Roger Garaudy : Dari Filsuf Marxis, Kristen Protestan, Anggota Partai Komunis Hingga Muslim

Roger Garaudy (1913 – 2012), seorang filsuf Marxis yang telah mengalami perkembangan cukup spektakuler. Ia belajar di Universitas Sorbonne dan memperoleh gelar docteur es lettres. Kemudian juga meraih doktor dari Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet di Moscow.

Roger Garaudy bercerita pada umur 20 tahun (Saat itu tahun 1933, tahun krisis di Eropa) Ia masuk agama Kristen Protestan dan sekaligus menjadi anggota Partai Komunis. Ia mengaku tidak mengalami kesulitan dalam mendamaikan pilihan ganda seperti itu. Agama Kristen, menurutnya memberi orientasi kepada kehidupan pribadinya, setelah sekian lama mencari makna hidup dan Partai komunis memberi perspektif baru untuk menghadapi persoalan sosial dan politik.

Garaudy menjadi Komite Pusat Partai Komunis Prancis dan direktur Centre d’etudes et de recherches Marxistes (Pusat Studi Dan Penelitian Marxistis) dan sejak tahun 1956 menjadi anggota Politbro Partai Komunis Prancis, organ yang menentukan dan mengawasi masalah masalah teoritis dalam partai.

Perubahan besar dalam pemikirannya terjadi setelah tahun 1956, ketika destalinisasi mulai dilaksanakan dalam Partai Komunis Prancis. Stalin telah meninggal pada 1953. Pada kongres ke – 20 Partai Komunis Uni Soviet yang diadakan tahun 1956, Kruschev memberikan pidato kritik kepada Stalin dan memulai destalinisasi dalam Partai Komunis seluruhnya. Partai Komunis Prancis dan tentu saja Garaudy dalam masa itu masih berpegang pada garis Stalinis. Dalam proses destalinisasi itu pemikiran Garaudy semakin bertambah kritis terhadap golongan golongan non komunis.

Hubungan Garaudy dengan partai kemudian menjadi tidak harmonis, terutama kritik yang Ia lontarkan atas sistem pemerintahan Uni Soviet, khususnya dalam kebijakan penyerangan Rusia ke Cekoslovakia tahun 1968. Jabatan – jabatannya dalam partai mulai dicopot satu persatu dan pada 1970 akhirnya Ia dipecat dari Partai Komunis Prancis.

Garaudy menulis buku memuat tentang semua dokumen yang menyangkut kesulitan – kesulitannya dengan partai. Pada tahun 1960-an Garaudy melibatkan diri dalam diskusi strukturalisme dan juga mengkritik interpretasi tentang filsafat Marx oleh L. Althusser. Menurutnya Althusser membuang apa yang harus dianggap ini ajaran Marx yaitu proxis manusiawi sebagai pelaku dan pusat sejarah.

Menjelang ulang tahunnya yang ke – 70 namanya kembali tampil dalam dunia internasional setelah ia mengumumkan keputusannya masuk agama islam, agama istrinya yang berasal dari Aljazair. Dalam beberapa artikel Ia menjelaskan keputusannya. La Monde, menulis penyataan Garaudy : “Datang ke Islam bagi saya tidak berarti menyangkal Yesus atau Marx, saya sekarang telah menemukan titik yang selalu saya cari, yaitu titik dimana kreativitas artistik, aksi politik dan keimanan membentuk kesatuan yang sungguh sungguh. Kendati adanya sarkasme dan ancaman, saya telah mencapai sebagaimana sudah saya tulis tentang kegembiraan yang paling besar, yaitu pada usia ke – 70 tahun saya masih setia pada impian saya ketika berusia 20 tahun”.

 

[-] K. Bertens, Sejarah Filsafat Kontemporer Prancis, Gramedia Pustaka, 2014

 

Sumber : http://himaindonesia.com/2016/11/28/roger-garaudy-filsuf-marxis-menjadi-kristen-protestan-sekaligus-anggota-partai-komunis-berakhir-sebagai-muslim/

About syauqi glasses

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress database error You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '%b, %b)' at line 1 for query INSERT INTO `wp_tsw_log` (`IP`, `Time`, `IS_BOT`, `IS_HIT`) VALUES ('54.224.102.26', 1510985436, %b, %b) made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), get_sidebar, locate_template, load_template, require_once('/themes/sahifa/sidebar.php'), dynamic_sidebar, call_user_func_array, widget_traffic_stats, view