Home / Featured / Tanggung jawab & Masyarakat

Tanggung jawab & Masyarakat

Hubungan tanggung jawab dan masyarakat bagaikan seorang petani dan kebun. Masyarakat bagaikan kebun, karena memiliki nilai dan pola yang telah ditentukan Tuhan. Bersamaan dengan hal tersebut, tanggung jawab bukanlah hanya sekedar wacana fatalisme atau produk determinasi sejarah. Alquran menyatakan terdapat hukum yang mendasari masyarakat, tetapi Alquran tidak mengabaikan aspek tanggung jawab. Bagaimana cara mengetahuinya?

 

Mengapa seorang insinyur pertanian lebih punya tanggung jawab terhadap hasil kebun dibandingkan orang lain? karena lebih mengetahui tentang aspek aspek kebun tersebut. Sebagai akibatnya, punya tanggung jawab lebih terhadap kebun tersebut. Begitu pula masyarakat, semakin masyarakat tersebut punya pengetahuan tentang nilai nilai, semakin besar pula tanggung jawabnya untuk menjadi masyarakat yang berkontribusi kepada hal tersebut.

 

Islam mengajarkan perubahan dan perkembangan tidak berdasarkan kebetulan. Karena masyarakat adalah organisme hidup yang memiliki nilai dan dapat dibuktikan secara ilmiah sekaligus memiliki kehendak bebas dan kemerdekaan agar mampu melakukan intervensi dalam nilai nilai tersebut. Masyarakat memiliki sebuah rencana dan dasar peletakannya untuk masa depan yang lebih baik.

About adminislat1

Check Also

Jangan Menuntut Tuhanmu

Jangan menuntut Tuhan karena ditundanya permintan yang telah engkau minta kepada Alloh. Tetapi hendaknya engkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *