Home / Featured / Tiada Sufi Tanpa Humor

Tiada Sufi Tanpa Humor

Tertawa karena humor tentu biasa biasa saja, tetapi mengalami pencerahan spiritual melalui humor mungkin menakjubkan. Bahkan lebih menakjubkan dari sekedar tampil riang jenaka seperti yang diperankan Roberto Benigni dalam Life is Beautiful untuk lepas dari kamp Nazi Hitler.

Idris Shah yang menyatakan humor bisa membuahkan pencerahan spiritual. Menurut penulis yang karyanya sudah terjual 15 juta eksemplar dalam 12 bahasa ini humor adalah salah satu alat diagnosis para sufi paling efektif. Dengan humor, para sufi mengungkap kesadaran palsu yang di derita murid – muridnya dan dibawa menuju ke dalam cakrawala baru.

Humor sufi biasanya tampil dalam bentuk cerita. Nasruddin adalah tokoh sebagai orang dungu tapi tercerahkan sekaligus mencerahkan. Nasruddin selalu tampil konyol, banyak ulah, sekaligus riang dan jenaka. Tetapi di balik penampilannya tersimpan pesan mengguncang.

Humor yang bercita rasa tinggi hanya bisa diterima oleh sense of humor yang tinggi. Seperti yang diyakini para sufi, daya tangkap terhadap humor menunjukkan tingkat pencerahan seseorang. Sebab tanpa hal itu humor hanya menjadi angin lalu. Humor bermakna ketika di dengar oleh telinga hati. Seperti yang ditulis Jerry C. Palmer dalam bukunya Taking Humour Seriously, bahwa sasaran humor pada dasarnya lebih menyangkut putusan moral dan nilai estetik.

Alhasil, humor sufi lebih dimaksudkan sebagai isyarat – isyarat kebenaran ketimbang sembarang humor. Seperti kata Rumi “look upon the human face. See clearly within laughter the essence of ultimate truth”. (Jika engkau menginginkan pencerahan yang sangat istimewa, maka lihatlah wajah orang, lihatlah baik – baik orang yang sedang tertawa, maka disanalah terhujam puncak kebenaran)

About syauqi glasses

Check Also

TASAWUF – Mereka Yang Diberi Hidayah Khusus Oleh Allah

“Dan Allah – yang mulia dengan segala asma-Nya – dalam waktu ke waktu dan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress database error You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '%b, %b)' at line 1 for query INSERT INTO `wp_tsw_log` (`IP`, `Time`, `IS_BOT`, `IS_HIT`) VALUES ('23.20.129.162', 1511068322, %b, %b) made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), get_sidebar, locate_template, load_template, require_once('/themes/sahifa/sidebar.php'), dynamic_sidebar, call_user_func_array, widget_traffic_stats, view